100 Brimob Sumbar Dikirim ke Papua

ilustras; foto manado.tribunnews.com
 PADANG, — sedi­kit­nya 100 personel Brigade Mobil (Brimob) Polda Sum­bar dikirim ke Papua untuk melakukan pengamanan PT Freeport Indonesia. Sebelum diberangkatkan, digelar upa­cara pelepasan pasukan di Mako Brimob oleh inspektur upacara (Irup) Kapolda Sum­bar Brigjen Pol Basarudin, Selasa (19/1) siang.

Penugasan anggota terse­but untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) Polda Papua, yang menggantikan tugas dari Brimob Polda Daerah Isti­mewa Yogyakarta (DIY). Me­reka akan bertugas di Papua selama empat bulan.

Kapolda melalui Kepala Bidang Hubungan Masya­rakat (Kabid Humas) Polda Sumbar AKBP Syamsi me­nga­takan, pengiriman 100 personel Brimob tersebut atas perintah dari pusat, dengan tujuan untuk membantu Pol­da Papua mengamankan PT Freeport.

Personel ini diberangkat­kan melalui jalur udara dari Bandara Internasional Mi­nang­kabau (BIM). “Pengi­riman pasukan ke Papua telah yang kedua kalinya, karena men­dapat kepercayaan dari pimpinan Polri guna turut membantu Polda Papua dalam mengamankan ob­jek vital nasional PT Freeport Indonesia,” kata Syamsi kepada Haluan, kemarin.

Dijelaskannya, Freeport me­ru­­pakan perusahaan nasional pe­nyo­kong 1,59 persen kegiatan perekonomian Indonesia yang dijalankan 300 ribu karyawan. Tabel penerimaan negara untuk APBN setiap tahun menem­patkan Freeport pada posisi teratas. Untuk itu, pasukan Bri­mob yang ditugaskan di Freeport, renca­nanya akan bertugas menga­man­kan lokasi dari gangguan separatis, serta gangguan konflik horizontal.

Sebelum diberangkatkan,  personel tersebut telah diberi bekal pelatihan, ilmu medan dan kompas, perang hutan, penge­ta­huan kesehatan lapangan, Binmas Pioneer, menembak, serta An­a­lisa Daerah Operasi (ADO).

“Saya meminta kepada ang­gota, agar jaga diri dan selalu siap saat bertugas, jaga kesehatan fisik dan sikap selama bertugas. Selain itu, tunjukkan jiwa kesatria selama bertugas, jaga nama baik diri, keluarga dan kesatuan,” pinta jendral bintang satu. (h/nas)

http://harianhaluan.com

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com