Kondisi Poltik Dan Perluasan Struktur Militer Di Fakfak

Peta_Kabupaten_Fak-Fak_Fakfak, ENS – Di bulan April 2017 ini, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Fakfak dilaporkan kondisif, walaupun Kondisi Pemerintahan di Kabupaten Fakfak tidak berjalan normal karena ada temuan dugaan pemalsuan dokumen pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2015.

Masyarakat asli Papua yang tergabung dalam Dewan Adat Papua Wilayah Fakfak dan Yayasan Tiara Kasih, melaporkan kasus ini ke Koordinator ELSHAM Fakfak agar melakukan investigasi sekaligus mendampingi kasus ini dalam proses penyelesaian hukum. Koordinator ELSHAM Fakfak, Freddy Warpopor telah mengirim surat kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengadvokasi masalah ini oleh pihak legislatif maupun eksekutif Kabupaten Fakfak. Hasilnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fakfak telah bertemu sebanyak tiga kali dengan mengundang masyarakat dan Koordinator ELSHAM Fakfak. Dalam pertemuan itu pihak legislatif menegaskan dan memutuskan bahwa PILKADA di Kabupaten Fakfak tahun 2015, segera ditinjau kembali.

Masih dalam bulan yang sama, Panglima Komado Daerah Militer (Pangdam) XVIII Kasuari Papua Barat mengatakan bahwa dalam rangka mengatasi separatisme dan gerakan bersenjata serta aksi terorisme maka telah ditetapkan lokasi pembangunan markas korem, di Kampung Kiat, Kabupaten Fakfak. Rencana pembangunan markas korem akan segera direalisasi pada tahun 2019 mendatang. Sehubungan dengan itu, berdasarkan pemantuan ELSHAM Fakfak, pihak Komando Distrik Militer 1706 telah membangun sebuah pos jaga yang terletak di pinggir ruas jalan yang menghubungkan Kota Fakfak dan Kampung Kokas. ELSHAM Papua ©2017

Facebook Comments
About Admin 32 Articles
Lembaga Study dan Advokasi Hak Asasi Manusia (ELSHAM) di Papua lahir dari perenungan panjang terhadap pergumulan orang Papua akan situasi politik dan hukum yang bersifat represif. Kenyataan bahwa pendekatan keamanan dan berbagai bentuk kekerasan secara sistematis telah menciptakan rasa takut (traumatis) dikalangan rakyat Papua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*