PRESS RELEASE PEMBAKARAN ALKITAB

PRESS RELEASE

GEREJA KRISTEN INJILI DI TANAH PAPUA

KLASIS GKI JAYAPURA

Kasus pembakaran kitab suci yang terjadi di bak sampah belakang rumah Dinas Kasrem 172/PWY di Padang Bulan pada tanggal 25 Mei 2017 lalu, dengan terdakwa Serda Bangun Ahad Kasmawan yang di sidangkan pada tanggal 12 September 2017 di pengadilan Militer III-19 Jayapura, dimana dalam dakwaan terdakwa melanggar pasal 156a KUHP yang dibacahkan oleh Oditur Letkol Laut Ridho Sihombing, SH, MH dan Mayor Chk. Jem Manibuy, SH pada sidang perdana tertanggal 24 Juli 2017. Serta pemeriksaan saksi yang diperiksa dalam sidang pengadilan membenarkan bahwa terdakwa benar membakar kitab suci perjanjian baru dan terdakwa mengakui pula melakuklan pembakan itu. Namun terdakwa tidak memeliki niat dan tidak mengetahui bahwa di dalam tong sampah tersebut ada kitab suci sebagaiman di sampaikan oleh penasehat hukum terdakwa dalam sidang perdana.

Merespon pembakaran kitab suci atas nama terdakwa serta Bangun Ahad Kasmawan maka Gereja Kristen Injili di Tanah Papua Badan Pekerja Klasis Jayapura, menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Pengadilan militer III-19 Jayapura di harapkan bersikap adil dalam menjatuhkan putusan terhadap terdakwa Serda Bangun Ahad Kasmawan dengan berpegang pada fakta-fakta hukum yang terungkap dalam persidangan.
  1. Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia maka setiap anggota yang melakukan tindakan Indispliner seperti yang di lakukan oleh terdakwa Serda Bangun Ahad Kasmawan wajib hukumannya diberi efek jera agar dikemudian hari hal serupa tidak terulang kembali dan rasa percaya rakyat terhadap TNI pun semakin tinggi dalam proses penegakan hukum di Indonesia.
  1. Gereja Kristen Injili memaafkan perbuatan pembakaran kitab suci yang di lakukan oleh terdakwa serda Bangun Ahad Kasmawan, tetapi proses hukum pidana meteril terhadap terdakwa harus tetap berjalan .

Demikian pernyataan sikap Gereja Kristen Injili di Tanah Papua Klasis Jayapura.

 

Jayapura, 18 September 2017

 

Badan Pekerja Klasis GKI Jayapura

Ketua,

Pdt. Hein C. Mano. S.Th., M.Si

 

Contak Person:

  1. Pdt Hein C. Mano (085284131521)
  2. Pdt Dany D. Mita (081344187918 ) Saksi
  3. Pdt A. Mirino (081344201395/08114814664)

 

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*